Waspada, Ini Cara Penipu Memasukan Virus Melalui WhatsApp

Pengguna WhatsApp tampaknya butuh berhati-hati terhadap sejumlah pesan malware atau virus yang dikirimkan dengan cara berantai oleh kenalan atau teman melewati software pesan berlambang hijau ini.

Sebab, penipu menargetkan pemakai software ini dengan mengirimkan sejumlah pesan berisi tautan atau link bagi penggunanya. Seperti dikutip dari laman Independent, tautan tersebut terkesan datang dari teman-teman si pemakai WhatsApp.

Ketika dibuka, tautan tersebut justru menuntun penggunanya ke laman diskon serta meminta mereka memasukkan data-data pribadi. Pengguna yang tidak mencerna pesan tersebut tentu eksklusif saja memasukkan sejumlah data yang diminta.

Pada gilirannya, faktor ini akan membikin handphone pemakai tersebut terinfeksi malware. Selain itu, memungkinkan bagi penipu tersebut memperoleh informasi-informasi sensitif.

Seperti diketahui, WhatsApp adalah software perpesanan yang mampu dibilang paling terkenal di seluruh dunia. Jumlah pemakai yang mencapai satu miliar itu menjadikannya sebagai sasaran kejahatan digital.

Principal Security Researcher Kaspersky Lab David Emm menyatakan penipuan berbentuk pesan tersebut mampu timbul dalam berbagai bahasa. “Kami mencatat bahwa penipuan melewati WhatsApp ini sudah terjadi selagi berbagai waktu. Pesan tersebut juga “berbicara” dalam berbagai bahasa jadi serangannya mampu diubahsuaikan untuk tiap tempat,” ucapnya terhadap This Is Money.

Biasanya, si pengirim mengirimkan pesan berisi ajakan terhadap pemakai untuk meneruskan pesan itu terhadap 10 kontak dengan tujuan supaya si pemakai memperoleh kupon potongan harga. Misalnya pada merchant mirip Starbucks, Zara, serta lain-lain.

Menanggapi faktor ini, seorang ahli keamanan pun mengingatkan terhadap pemakai untuk lebih cerdas dalam meneruskan info mirip penipuan tersebut.

Nah, mulai dari sekarang berhati-hati lah dalam membuka suatu pesan WhatsApp, apalagi pesan yang berupa tautan atau link yang tidak dikenal, supaya WhatsApp anda tidak di masuki virus, bukan hanya WhatsApp, data-data yang ada pada smartphone anda pun bisa di masuki Malware. Bahkan orang yang memasukan Malware bisa saja melihat semua isi Smartphone anda, seperti foto, video, dokumen dan lainnya.

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here