Telco

Perbedaan BSC dan BTS yang Harus Diketahui

Perbedaan BSC (Base Station Controller) dan BTS (Base Transceiver Station) – Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang perbedaan BSC dan BTS yang sebagian orang mungkin masih belum tahu apa perbedaannya. Berikut beberapa perbedaan BSC dan BTS.

Perbedaan Antara BSC dan BTS

Perbedaan BSC dan BTS

Pengertian BSC (Base Station Controller)

BSC (Base Station Controller) adalah peralatan untuk mengontol BTS (Base Transceiver Station). BSC sama halnya seperti otak atau commander dari BTS-BTS, tanpa adanya BSC, BTS-BTS tidak akan dapat berfungsi.

Tidak seperti BTS yang letaknya di outdoor, BSC diletakan di indoor. biasanya satu gedung dengan peralatan core network lainnya. Biasanya BSC dapat mengandle sampai ratusan BTS.

Fungsi BSC (Base Station Controller)

Beberapa fungsi penting yang di handle BSC adalah sebagai berikut :

  • Handover
  • Timeslot (dari BSC ke BTS & BSC ke TRAU)
  • Radio channel allocation
  • Measurements

Perangkat Keras BSC (Base Station Controller)

BSC adalah komponen critical, sehingga komponen-komponennya adalah redundant (redundant power supply, modules, cables, dan lainnya). BSC merupakan barang propietary, sehingga tidak di jual bebas di pasaran. BSC tidak seperti PC yang dapat dirakit seenaknya. Berikut contoh gambar BSC :

bsc (Base Station Controller)

Cara Belajar BSC (Base Station Controller)

Karena perangkat keras BSC yang mahal, dan jarang di pasaran, maka orang-orang yang paham mengenai BSC tidak lah banyak. Biasanya diperlukan training khusus untuk mengoperasikan hardware sebuah BSC. Namun sebelumnya engineer yang bersangkutan juga harus belajar konsep GSM beserta operationnya yang sifatnya non-hardware.

Monitoring BSC (Base Station Controller)

Dalam organisasi telco ada department yang khusus untuk melakukan monitoring terhadap Network element (MSC, HLR, BSC, dan lainnya). Jadi monitoringnya terpusat. BSC ini biasanya punya interface khusus untuk monitoring sehingga monitoring devices dapat mengakses parameter apa saja yang ada disana.

Pengertian BTS (Base Transceiver Station)

BTS adalah equipment paling luar yang berhubungan langsung dengan mobile station (handphone/mobilephone). BTS inilah yang menyediakan wireless access ke mobile station kamu. BTS itu bukan tower. BTS itu terdiri dari beberapa komponen dan tower tidak termasuk komponen tersebut. BTS biasanya teretak di rumah kecil (shelter) yang berada di dekat tower.

BTS (Base Transceiver Station)

Komponen BTS (Base Transceiver Station)

Berikut merupakan beberapa kompone BTS :

  • Transceiver atau Receiver, yang berfungsi untuk menerima dan mengirim sinyal.
  • Combiner, yang berfungsi untuk menerima beberapa sinyal dengan menggunakan satu antenna.
  • Duplexer
  • Antenna
  • Alarms
  • Power supply

Nah itulah beberapa perbedaan antara BSC dan BTS yang harus kamu ketahui. Artikel ini merupakan rangkuman dari Sumber ACHMAD MARDIANSYAH’S JOURNAL. Jika kamu ada pertannyaan silahkan berkomentar di kolom komentar di bawah ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close