Tutorial

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Panas

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Panas, Laptop mungkin sudah merupakan suatu alat elektronik yang selalu menemani dalam keseharian Anda, seperti rekan kerja yang selalu siap siaga kapanpun dan dimanapun Anda ingin bersamanya.

Namun, itu bukan berarti Anda bisa membiarkan laptop Anda begitu saja dan tidak merawatnya, menggunakannya setiap saat tanpa memperhatikan hal-hal yang mungkin akan merusak laptop Anda, seperti penggunaan dalam jangka waktu yang lama, cara penggunaan ditempat yang salah seperti diletakkan diatas kasur, sofa dan bantal, saat laptop sedang beroprasi, yang bisa berakibat laptop Anda menjadi cepat panas.

Laptop yang cepat panas, selain akan mempengaruhi kinerja pada Laptop Anda, dari aspek kesehatan, Anda perlu mengetahui bahwa laptop merupakan perangkat elektronik yang mengeluarkan sinar radiasi elektromagnetik dari pancaran panas yang dihasilkan, yang akan sangat berbahaya bagi kesehatan, seperti ketidak suburan (apabila Anda sering meletakkan laptop di pangkuan Anda), sindrom pengelihatan komputer , sakit leher, dan lain sebagainya.

Bisa dibayangkan bukan, begitu sangat rumitnya permaslahan jika Anda tidak memperhatikan suhu panas pada Laptop Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasi laptop agar tidak cepat panas, sehingga anda dapat mengatasi permaslahan diatas.

Cara mengatasi laptop cepat panas

Manajemen Waktu

Anda harus memperhatikan jumlah waktu yang Anda gunakan untuk mengoperasikan Laptop Anda. Laptop tidak dapat dipaksakan untuk selalu menyala dalam 24 jam dan selalu menemani Anda sepanjang waktu, apalagi tanpa bantuan pendingin tambahan. Apabila laptop Anda menyala tanpa bantuan pendingin tambahan (hanya mengandalkan pendingin bawaan saja), maka paling tidak laptop Anda dapat menyala umumnya kurang lebih 5 jam saja. Jika lebih dari itu, maka laptop Anda akan mengeluarkan rasa panas yang bahkan Anda bisa merasakannya.

Perhatikan Penempatannya

Untuk mengatasi laptop yang cepat panas, Anda juga harus memperhatikan penempatan Laptop ketika sedang beroprasi. Ketika Anda sedang menggunakan laptop, maka pilihlah tempat yang datar untuk meletakkan laptop tersebut. Karena hal itu akan menyebabkan sirkulasi udara yang berada dibawah laptop tersebut menjadi lancar. Jangan sekali-kali Anda melatkkan laptop yang sedang beroprasi diatas kasur atau meletakkannya dipangkuan Anda, tentu hal tersebut akan membuat laptop cepat panas dan berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Perawatan Laptop

Dalam hal perawatan laptop, hal tersebut masuk kedalam kategori bagian teknis pemeliharaan laptop. Anda dapat melakukan pembersihan laptop secara berkala, untuk membersihkannya dari debu dan kotoran yang ada pada laptop. Karena, kotoran dan debu yang melekat pada laptop, akan mengganggu sirkulasi udara yang ada didalam, sehingga laptop cepat panas.

Selain hal tersebut diatas, Anda juga dapat menggunakan pengaturan pada BIOS, biasanya, pada BIOS terdapat pengaturan untuk kecepatan FAN. Anda bisa mengatur kecepatan FAN pada laptop sesuai dengan kebutuhan untuk mengurangi panas pada laptop. Jika tidak download aplikasi untuk mengatur kecepatan FAN laptop sehingga anda bisa menjaga laptop anda agar tidak cepat panas.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close