Tutorial

Cara Mengatasi Error “The application was unable to start correctly (0xc0000142)” di Windows

Cara Mengatasi Error “The application was unable to start correctly (0xc0000142)” – Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tutorial mengatasi kesalahan atau pesan error pada windows 7, 8, dan 10. Jenis error yaitu The application was unable to start correctly (0xc0000142). Click OK to close the application.

Kesalahan 0xc0000142 ini biasanya terjadi ketika kamu mencoba software atau aplikasi yang sudah usang atau rusak. Dalam kebanyakan kasus, solusi untuk mengatasi kesalahan 0xc0000142 ini adalah dengan memperbarui software atau aplikasi yang mengalami error jenis ini. Dalam kasus lain, kesalahan 0xc0000142 dapat disebabkan oleh virus, karena driver kartu grafis yang bermasalah, atau karena pembaruan Windows belum diinstal dengan benar.

Dalam tutorial ini kami akan berbagi beberapa cara untuk memperbaiki jenis error 0xC0000142 ini. Kamu dapat mencoba salah satu atau semua cara di bawah ini, yang mudah-mudahan dapat mengatasi error 0xC0000142 pada windows kamu.

Cara Memperbaiki Application was unable to start correctly (0xc0000142)

1. Hapus Instalasi Pembaruan Terbaru

Jika kamu menerima kesalahan 0xc0000142 setelah menginstal pembaruan pada software atau aplikasi yang kamu gunakan, maka kamu harus menghapus instalan pembaruan terbaru tersebut, atau pulihkan PC kamu ke kondisi awal dengan melakukan restore.

2. Jalankan Aplikasi dalam Mode Compatibility

Dalam beberapa kasus, kesalahan 0xc0000142 dapat diatasi jika kamu menjalankan software atau aplikasi dalam mode compatibility. Caranya klik kanan pada aplikasi yang mengalami error dan pilih properties, pada tab compatibility, centang kotak Run this program in compatibility mode, pilih versi Windows sebelumnya (seperti Windows 8 atau Windows 7), lalu Klik OK untuk menerapkan perubahan.

Cara Mengatasi Error "The application was unable to start correctly (0xc0000142)" di Windows

Jika sudah dilakukan dengan benar, silahkan coba buka aplikasi yang bermasalah, apakah sudah berfungsi dengan semestinya atau belum.

3. Pindai Virus dan Malware

Langkah selanjutnya untuk mengatasi kesalahan 0xC0000142 adalah dengan memastikan bahwa sistem PC kamu bebas dari virus atau malware. Kamu dapat menggunakan software seperti Smadav atau sofware anti virus lainnya untuk memindai PC kamu.

4. Perbarui atau Instal ulang Aplikasi

Cara berikutnya yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi kesalahan 0xC0000142 adalah dengan menginstal aplikasi versi terbaru yang menyebabkan error ini. Jika setelah memperbarui aplikasi, masalahnya tetap masih ada,maka kamu harus menghapus instalan aplikasi dari sistem kamu dan instal ulang lagi.

5. Perbarui Driver Kartu Grafis

Cara selanjutnya untuk memperbaiki kesalahan 0xC0000142, adalah dengan memperbarui driver Kartu Grafis (VGA) kamu. Unduh dan instal Driver VGA versi terbaru melalui website dukungan vendor VGA PC kamu.

6. Periksa Pengaturan Registry

Periksa apakah registry termodifikasi oleh program lain. Caranya sebagai berikut:

1. Pertama, buka Peninjau Suntingan Registry, dengan cara tekan tombol Windows + R untuk membuka kotak perintah jalankan. Di kotak Pencarian, ketik regedit dan tekan Enter.

Periksa Pengaturan Registry

2. Kemudian arahkan ke lokasi berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Microsoft \ Windows NT \ CurrentVersion \ Windows \

3. Pada panel kanan klik dua kali pada nilai LoadAppInit_DLLs. Ubah data nilai menjadi 0 dan klik OK, lalu restart PC kamu. Seperti gambar di bawah ini.

Periksa Pengaturan Registry

7. Mulai Windows dalam Status Boot Bersih

Metode terakhir, untuk mengatasi kesalahan aplikasi 0xC0000142, adalah memulai Windows dalam keadaan “boot bersih”, untuk mengidentifikasi apakah program atau layanan yang dimuat menyebabkan kesalahan 0xC0000142. Untuk memulai Windows dalam kondisi Boot Bersih berikut caranya:

1. Tekan tombol Windows + R, di kotak Pencarian, ketik msconfig dan klik OK untuk membuka utilitas Konfigurasi Sistem.

2. Pada tab Services, Sembunyikan semua kotak dengan mencentang Hide all Microsoft Services dan kemudian tekan tombol disable all.

 Mulai Windows dalam Status Boot Bersih

3. Pada tab Startup, Nonaktifkan semua program yang berjalan di latar belakang. Pada Windows 10 atau 8, pilih Open Task Manager untuk menonaktifkan program startup.

 Mulai Windows dalam Status Boot Bersih

4. Setelah selesai, klik OK dan Restart komputer kamu.

Untuk keluar dari kondisi Boot Bersih, buka utilitas Konfigurasi Sistem, pada Tab general atau Umum, pilih startup Normal.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close